Selamat Datang di Website Resmi Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat..

headline Disnak Sumbar Undang Negara Tetangga Kontes Ternak

Berita | Selasa, 31/05/2011 10:49 WIB


Padang, (ANTARA) - Dinas Peternakan Sumatera Barat telah menjadwalkan untuk mengundang negara Malaysia dan Thailand guna mengikuti kontes ternak pada "Livestock Expo" 2011 yang akan digelar di Lapangan Pramuka Kota Solok 3-5 Juni mendatang. "Selain mengundang provinsi tentangga ikut dalam Livestock Expo 2011, akan dikirimkan secara resmi undangan ke dua negara tetangga itu. Secara komunikasi sudah disampaikan baru-baru ini," kata Kepala Dinas Peternakan Sumbar, Edwardi di Padang. Pelaksanaan "Livestock Expo" merupakan rangkaian dari peringatan bulan bakti peternakan dan kesehatan hewan 2011, yang mengangkat tema "Tingkatkan nilai tambah dan daya saing agribisnis/agroindustri peternakan".

Kegiatan "Livestock expo" sudah masuk agenda tahunan dan memasuki tahun ke tiga digelar Sumbar, pertama tuan rumah Kabupaten Tanah Datar, pada 2010 lalu di Kota Payakumbuh. Edwardi menjelaskan, dari evaluasi yang dilakukan atas pelaksanaan program Livestock expo sangat memberikan dampak positif terhadap peternak Sumbar.

Dalam acara itu peternak berkesempatan melihat kemajuan teknologi dalam pengembangan agrobisnis di sektor peternakan dan pertanian. "Selama pelaksanaan Livestock expo, peternak bisa berkomunikasi dan membangun jaringan antara satu sama lainnya untuk tukar informasi dalam pengembangan peternakan dan pemilihan bibit yang berkualitas," katanya. Selain itu, ajang Livestock expo juga untuk promosi produk pertanian yang sudah banyak dihasilkan Sumbar, ke daerah luar termasuk mancanegara. Terkait, ikut dalam rangkaian Livestock expo bukan hanya peternak dan instansi terkait, tetapi ada kalangan industri swasta dan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA).

Namun, hal utamanya dalam ajang acara tahunan itu peternak bisa menunjukan kebolehan dalam membawa ternak-ternak sapi, kerbau dan kambing yang diperlombakan. "Kita mengimbau agar para para peternak dari berbagai kabupaten/kota se-Sumbar mengikuti event ini. Karena sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha di bidang peternakan," katanya. Rencananya pembukaan Livestock Expo itu, kata Edwardi, akan dibuka langsung Menteri Pertanian dan dihadiri Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno serta Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian.