Post Thumb

PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Menjadi polisi ternyata tidak hanya berkutat dengan senjata dan penjahat saja. Tapi juga bisa mengembangkan usaha dan membantu perekonomian masyarakat.

Hal inilah yang dialami oleh Bhabinkamtibmas Nagari Kajai Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat Bripka Mukhtaruddin. Selain kesibukannya sebagai pengayom, pelindung dan pelayanan masyarakat. 

Mukhataruddin memanfaatkan lahan kosong miliknya untuk dijadikan tempat peternakan ayam petelur sebanyak 500 ekor yang dikelola bersama keluarganya di Komplek Prumnas YAPTIP Kenagarian Aur Kuning, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar.

"Benar, pengelola ayam petelur ini sudah berjalan 5 bulan. Ditengah kesibukan dinas sebagai Bhabinkamtibmas, saya juga memanfaatkan waktu luang seperti pulang kerja untuk memelihara 500 ekor ternak ayam," tutur Bhabinkamtibmas Nagari Kajai Polres Pasaman Barat Bripka Mukhtaruddin kepada haluan, Selasa (7/11)

Mukhtaruddin mengatakan, saat ini saya sudah bisa panen setiap hari sebanyak 14 karpet telur ayam dan hasil panen siap dipasarkan. Untuk harga tergantung dengan pasar, kalau saat ini harga satu karpet cuma Rp33 ribu.

“Saya ingin pada saat pensiun nanti tidak lagi pusing ,sebab saya yakin dengan berusaha ternak ayam maka akan sukses,” tambahnya lagi.

Mukhtaruddin menambahkan usaha ini tidak buat diri pribadi sendiri. Tetapi merupakan sebagai rasa kepeduliannya terhadap ekonomi masyarakat kajai. 

"Telur ayam itu saya jual dengan harga murah kepada masyarakat kajai. Dengan adanya usaha ini, kan bisa buka peluang kerja bagi masyarakat, dan tentu mengurangi angka pengangguran juga," sebutnya semberi tersenyum.

Mukhtaruddin menjelaskan, selain peluang ekonomi dari hasil telur ayam, kotorannya pun bisa dijual dan dimanfaatkan untuk pupuk kandang.

"Untuk harga kotoran ayam satu karung kecil sebesar Rp20 ribu," katanya.

Sementara itu Mijral, salah seorang warga Kajai, mengaku sangat senang dengan adanya Bhabinkamtibmas yang bernama Bripka Mukhtaruddin. Karena menurutnya dengan adanya Bripka Mukhtaruddin tersebut masyarakat sekitar merasa dekat dengan polisi dan bisa menjalin kerjasama yang baik dan berbagi ilmu dalam bidang usaha.

"Kami merasa bangga mendapatkan  Bhabinkamtinmas seperti dia selain sebagai polisi, dia juga dekat dan berbaur dengan masyarakat nagari kajai," pungkasnya. (h/idn)

 

Editor: Rivo Septi Andries

sumber : http://harianhaluan.com/mobile/detailberita/67461/bantu-ekonomi-masyarakat-kajai-bripka-mukhtaruddin-beternak-ayam