Post Thumb

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat (Sumbar) memastikan persediaan daging sapi selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1438 Hijriah mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di provisni itu.

 
"Persediaan daging untuk kebutuhan bulan puasa dan hari raya tahun ini aman," kata Kepala Seksi Promosi Investasi dan Pengolahan hasil Bidang Bina Usaha pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar, Lina Marni di Padang, Rabu.
 
Ia mengatakan persediaan daging ini didatangkan dari sentra penghasil sapi potong seperti Kabupaten Agam, Lima Puluh Kota, Tanah Datar, Bukittinggi dan Payakumbuh.
 
"Yang menjadi pusat sapi potong memang dari lima daerah itu, karena wilayah tersebut masuk ke lokasi tri arga yakni daerah tempat pengemukan sapi," katanya.
 
Lina menjelaskan ketersediaan daging sapi selama Ramadhan terhitung sebanyak 2.738 ton, sedangkan untuk produksinya pada Mei 2017 ini sekitar 2.883 ton.
 
Menurutnya kebutuhan daging sapi masyarakat Sumbar khususnya rumah tangga selama bulan Ramadhan diperkirakan meningkat yang biasanya 55 ton per minggu, akan mengalami kenaikan hingga 83 ton per minggu.
 
"Kenaikan konsumsi daging oleh masyarakat itu terjadi sejak memasuki awal bulan dan akhir Ramadhan, selanjutnya sepekan Idul Fitri," katanya.
 
Selain itu, ia mengatakan kebutuhan daging ayam selama Ramadhan dan Idul Fitri juga akan mengalami kelonjakan. Dari yang biasanya 219 ton menjadi 328 ton per minggu, begitu juga dengan telur ayam yang meningkat hingga 50 persen dari hari-hari normal.
 
"Kebutuhan daging ini selalu mengalami peningkatan khususnya pada hari-hari besar keagaaman, dan kebutuhan tersebut bisa terpenuhi," .