Post Thumb

Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Pembibitan dan Pengembangan Makanan Ternak (UPTD BPPMT) merupakan bagian dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat (Dahulunya Dinas Peternakan yang kemudian diganti pada tanggal 1 Januari 2015). UPTD BPPMT berlokasi di Kabupaten Pasaman Barat yang memiliki wilayah kerja di Simpang Empat, Padang Tujuh, Air Runding dan Lubuk Minturun Padang.

UPTD BPPMT  terletak pada 14 00  LU – 03 00 LS dan 99 033 BT - 99 0 03 BT dengan Ketinggian 0 – 2.912 meter dari permukaan laut . Awalnya  merupakan unit pembibitan ternak yang didirikan melalui Kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat c.q Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat  dengan Republik Federasi Jerman c.q Area Development Project  (ADP) yang dimulai pada tahun 1982/1983 dan kemudian setelah diserahkan ke Provinsi pengelolaannya menjadi  2(dua)  SPT Kambing  Simpang Empat dan SPT  Ternak Sapi Air Runding. Seiring  berjalannya waktu dengan keterbatasan dana tahun 2006 dilebur menjadi SPT Aneka Ternak dan kegiatan Pembibitan sapi di Air Runding sementara vakum dan tahun 2009 UPTD BPPMT dibentuk.

            Berdasarkan Peraturan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 70 Tahun 2009, tanggal 14 Desember 2009, tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, bahwa UPTD Balai Pembibitan Pengembangan Makanan Ternak merupakan pelaksana teknis yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian kegiatan teknis opersional/kegiatan teknis Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat dibidang Pembibitan Ternak dan Pengembangan Makanan Ternak yang berada di Kabupaten Pasaman Barat yang bertanggung  jawab kepada Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat.

Visi  UPTD BPPMT Simpang IV Pasaman Barat  adalah menjadikan UPTD BPPMT  sebagai Balai Pembibitan Ternak  dan Hijauan Makanan Ternak yang Mandiri dan Profesional dalam menghasilkan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak Unggul .

Dalam rangka mencapai visi serta menuju kemandirian maka UPTD BPPMT melaksanakan Misi sebagai berikut :

  1. Produksi Ternak Bibit ( ayam, kambing, sapi ) dan Hijauan Pakan Ternak yang berkualitas dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan  masyarakat.
  2. Produksi  Hasil Ternak berupa  telur dan  ayam.
  3. Pengembangan Sumberdaya Alam dan Sumberdaya Manusia dalam Pengembangan Ternak dan Hijauan Pakan Ternak.
  4. Meningkatkan kualitas maupun kuantitas hijauan dan kosentrat.
  5. Meningkatkan Produktivitas Lahan untuk Hijauan Makanan Ternak.
  6. Mewujudkan Penganekaragam Pakan Ternak.
  7. Memanfaatkan Teknologi dalam Meningkatkan Pelayanan kepada Peternak dibidang Pembibitan Ternak, Pakan ternak dan  Kesehatan Hewan serta  Diagnosa Penyakit Ternak.
  8. Mewujudkan UPTD sebagai sarana Penyuluhan dan Pusat Pembelajaran seperti Pelatihan dan Penelitian