/ Berita Disnak / Detil

Disnak Sumbar   09 September 2016

Harga Daging Rp120 Ribu per Kg

HARGA daging sapi masih tinggi, daya beli masyarakat jadi turun. Terlihat, los pedagang daging di Pasar Sawahlunto, sepi pengunjung. (RIKI YUHERMAN)


SAWAHLUNTO,  HALUAN — Harga daging sapi di pasar tradisional Sa­wah­lunto, masih stabil pada kisaran Rp120.000,- per kilogram. Harga itu bertahan semenjak Lebaran Idul Fitri 2015 lalu. 

“Semenjak harga naik setahun la­lu, hingga kini harga daging sapi segar di Sawahkunto masih bertahan, tidak ada penurunan sekali pun,” kata Indra (44), pedagang daging kepada Haluan.

Tingginya harga daging tersebut, ujar Indra, dikarenakan mahalnya harga beli sapi. Bahkan suplai sapi dari peternak lokal di sekitar Sawahlunto, harganya juga cukup tinggi. Sehingga untuk men­siasati­nya, terpaksa pedagang menaikkan harga.

“Imbas dari tingginya harga daging, menyebabkan turunnya minat beli masya­rakat.  Terlebih jelang Idul Adha ini, beberapa kebutuhan pokok juga merang­kak naik,” sebutnya.

Hal itu dibenarkan Rubiyem, salah seorang pengunjung pasar. Menurutnya, sejak harga daging sapi melambung, dia mensiasati dengan mengganti asupan kebutuhan gizi keluarga denganh meng­konsumsi ikan yang dirasa lebih terjangkau harganya. (Sumber : Haluan).


Komentar Anda