/ Berita Disnak / Detil

Aulia Gunaldi, S.pt   16 Juni 2022

In House Training serta Implementasi dan Evaluasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015

In House Training serta Implementasi dan Evaluasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015


ISO 9001 adalah merupakan kesepakatan internasional yang digunakan untuk menentukan standar universal yang berlaku untuk semua organisasi mengenai produk dan layanan yang memenuhi harapan pelanggan dan syarat peraturan.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat mengadakan pelaksanaan kegiatan In House Training serta implementasi dan evaluasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 pada hari Senin 13 Juni 2022 sampai dengan 15 Juni 2022 di Ruang Rapat Lantai III Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat di Jalan Rasuna Said No. 68 Padang. 

Dalam menunjang continuous improvement, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat harus memiliki sistem corrective action yang dilakukan sebagai Monev (Monitoring dan Evaluasi) untuk menganalisa penyebab akar permasalahan dan melakukan tindak lanjut perbaikan terhadap akar penyebab masalah agar tidak terulang kembali di kemudian hari. Hal ini dapat dilakukan baik melalui program audit internal maupun eksternal.  Sejatinya penerapan ISO 9001 sebagai acuan dalam mengembangkan SMM (Sistem Manajemen Mutu) bukan merupakan hal yang ekslusif bahkan merupakan suatu kewajiban, sehingga Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat dapat menjamin peningkatan performa kinerja, peningkatan pelayanan public kepada masyarakat dan tetap eksis dalam kancah persaingan global.

Tujuan kegiatan training ini pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat adalah untuk Evaluasi bagi auditor internal tentang penerapan SMM ISO 9001 : 2015 lingkup DPKH kemudian memberikan pemahaman tentang Implementasi SMM ISO 9001:2015 bagi calon Auditor di lingkup Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat.

Pada kegiatan ini diikuti  30 orang peserta yang berasal dari seluruh bidang dan Unit Pelaksana Teknis Daerah pada lingkup Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat dengan narsumber Ir. Heriyanto, M.Si dari Pusat Studi dan Profesi-CSGS Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia. Diharapkan kepada peserta training ini dapat menerapkan dan melakukan evaluasi kedepannya dalam mengembangkan dan penerapan SMM (Sistem Manajemen Mutu) di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat.