Kebutuhan Sapi Kurban Meningkat 10 Ribu Ekor

Kebutuhan hewan kurban jelang Idul Adha 1437 H di Sumatera Barat mengalami kenaikan dibanding tahun 2015. Pada tahun 2016 kebutuhan Sumbar berjumlah 35 ribu ekor, sedangkan pada tahun 2015 hanya 34 ribu ekor. Kebutuhan tersebut meningkat dibandingkan tahun 2015, " kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar Erinaldi". Kebutuhan tersebut dipantau dari kebutuhan masyarakat serta berpatok dari 47 ribu masjid/mushalla yang melakukan pemotongan hewan qurban untuk wilayah Sumbar dapat dipenuhi pada tahun ini. "ujarnya".

Hal itu didasarkan bahwa saat ini masih banyak stok sapi seperti di kabupaten Agam, Lima Puluh Kota, Dharmasraya, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Sijunjung. Selain itu, untuk mencukupi kebutuhan, pihaknya akan mendatangkan sapi dari luar daerah dengan pengawasan ketat guna mendapatkan sapi yang sehat. "Sapi akan didatangkan dari daeah Jambi, Bengkulu dan Riau", ungkapnya. Disamping itu, Erinaldi menghimbau para pengurus masjid dan mushalla untuk dapat memilih hewan kurban yang baik. Dimana, hewan yang akan dikurbankan harus cukup umur. Untuk kambing atau domba umurnya berkisar 12-18 bulan, untuk sapi atau kerbau 22 bulan, sedangkan untuk unta harus sudah berumur 5 tahun atau lebih.

Beberapa ciri yang harus diperhatikan, adlah mata sapi harus jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah terang. jika ada spi yang matanya sangat kotor dan keruh, maka menandakan bahwa hewan tersebut sedang sakit dan sebaiknya jangan dibeli. Kemudian, bentuk tubuh sapi harus standar. sapi harus memiliki tulang punggung yang relatif rata, tanduknya seimbang, keemapt kakinya simetris dan postur tubuhnya ideal, seperti kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala dan leher seimbang. Ciri-ciri yang lain adalah, kulit sapi harus terlihat bersih, mulut dan hidung bersih. Jika mulut sapi sangat basah dan banyak mengeluarkan air liur atau terdapat bintil- bintil merah, maka menadakan bahwa sapi seang menginap penyakit. begitu juga dengan hidung, pastikan hidung sapi bersih dan tak mengeluarkan cairan.