Perusahaan Australia Ingin Bangun Pusat Agroindustri di Sumbar

Tajuk.co SINGAPURA – Strategic Natural Capital (SNC), perusahaan investasi yang bermarkas di Queensland Australia beminat membangun kawasan agroindustri atau agroindustri center terpadu di Pasaman, Sumatera Barat. Investasi akan dilakukan secara bertahap hingga mencapai angka sekitar Rp 30 triliun.

Sebagai langkah awal, menurut Managing Director Chief Strategist SNC Jeffrey Flood, SNC ingin mengembangkan peternakan sapi terpadu di lahan seluas 6.000 hektare di Pasaman. Di lokasi tersebut nantinya akan dibangun industri peternakan sapi terpadu yang meliputi pembibitan, penggemukan, sampai pengolahan daging sapi.

Rencana tersebut disampaikan Jeffrey Flood dalam pertemuan dengan Menteri Pertanian RI Suswono usai acara Roundtable Meeting on Indonesian Agriculture di Singapura, Jumat (23/5) petang waktu Singapura. Jeffrey sengaja datang ke Singapura ditemani Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi untuk bertemu Mentan yang tengah melakukan kunjungan kerja ke Singapura.

Erinaldi mengemukakan, pihaknya sengaja mengajak SNC bertemu Mentan di Singapura untuk meminta dukungan.    

Mentan Suswono menyambut baik dan memberi dukungan penuh atas rencana investasi tersebut. Karena hal itu sejalan dengan visinya untuk membangun kawasan agroindustri terpadu di sejumlah daerah.

Bahkan Mentan berharap rencana investasi tersebut dapat segera direalisasikan. “Semakin cepat direalisasi semakin baik,” kata Mentan.

Lebih lanjut Erinaldi menyampaikan, guna mewujudkan  agrobisnis center itu SNC  menggandeng mitra lokal PT Lestari Mega Agro. Dan saat ini dari kebutuhan 6.000 hektare lahan sudah tersedia 2.000 hektare.

“Sisanya sedang terus diupayakan,” kata Erinaldi.

Jeffrey Flood merasa gembira mendapat dukungan dari Mentan. Pihaknya berjanji akan segera merealisasikan rencana investasi tersebut.  (HAS)