2 Sapi Mati Digigit Anjing, 96 Sapi Disuntik Rabies


REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKBASUNG -- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, melakukan vaksinasi rabies terhadap 96 sapi milik Kelompok Tani Usaha Bersama Kecamatan Ampek Nagari pada Rabu.

Sekretaris Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Kabupaten Agam, Arif Restu, di Lubukbasung mengatakan vaksinasi rabies ini melibatkan petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam.

"Ini merupakan vaksinasi yang kedua kali dilakukan. Karena beberapa minggu lalu, kami juga melakukan vaksinasi 96 sapi," kata Arif Restu.

Menurut dia, vaksinasi rabies ini untuk mencegah penyebaran virus rabies pada sapi lain setelah dua sapi milik Kelompok Tani Usaha Bersama mati akibat digigit anjing pada April 2014.

Dari hasil pemeriksaan laboratorium veteriner Pemeriksaan Hewan di Kecamatan Baso Kabupaten Agam, anjing tersebut positif rabies.

"Ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus rabies dan apabila sapi yang telah divaksinasi mati mendadak, sapi ini terinveksi virus rabies," tegasnya.